PENDIDIKAN BERWAWASAN GLOBAL
M. Taufiq Rahman
Dalam menghadapi globalisasi tanpa adanya persiapan
yang kuat maka globalisasi akan menjadi sesuatu yang menakutkan dan akan
berubah menjadi sesuatu yang negatif. Cara untuk mempersiapkan diri dalam
menghadapi globalisasi ini adalah dengan cara meningkatkan kesadaran dan
memperluas wawasan. Cara untuk meningkatkan dan memperluas wawasan dapat
dilakukan dengan berbagai cara, dan cara yang paling efektif adalah melalui
pendidikan.
Peningkatan kualitas pendidikan bagi suatu bangsa,
bagaimanapun mesti diprioritaskan. Sebab kualitas pendidikan sangat penting
artinya, karena hanya manusia yang berkualitas saja yang bisa bertahan hidup di
masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas
pendidikan tersebut adalah dengan pengelolaan pendidikan dengan wawasan global.
Meningkatkan dan memperluas wawasan global merupakan
unsur penting untuk memahami masalah global. Agar dapat meningkatkan
wawasan global, maka pendidikan memegang peranan penting. Melalui pendidikan
maka seseorang harus mampu mengembangkan 4 hal berikut:
1) Kemampuan
mengantisipasi (anticipate), artinya
pendidikan berusaha menyiapkan anak didik untuk dapat mengantisipasi
perkembangan IPTEK yang begitu cepat.
2) Mengerti
dan mengatasi situasi (cope), artinya
dapat mengembangkan kemampuan dan sikap peserta didik untuk menangani dan
berhadapan dengan situasi baru. Rasa kepedulian terhadap suatu masalah serta
keinginan untuk mengatasi masalah merupakan faktor yang harus dikembangkan pada
diri anak.
3) Mengakomodasi (accommodate), artinya dapat mengakomodasi perkembanagn IPTEK
yang pesat dan segala perubahan yang ditimbulkannya. Dalam mengatasi (cope) dan mengakomodasi (accommodate) perlu dikembangkan sikap bahwa anak didik tidak larut oleh perubahan,
tetapi ia harus mampu mengikuti dan mengendalikan perubahan agar tumbuh menjadi
suatu yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan.
4) Mereorientasi (reorient), artinya persepsi dan wawasan tentang dunia perlu
diorientasikan kembali karena perkembangan IPTEK dan perubahan sosial yang cepat
sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas.
Perspektif global merupakan pandangan yang timbul
dari kesadaran bahwa dalam kehidupan ini segala sesuatu selalu berkaitan dengan
isu global. Orang sudah tidak memungkinkan lagi bisa mengisolasi diri dari
pengaruh global. Manusia merupakan bagian dari pergerakan dunia, oleh karena
itu harus memperhatikan kepentingan sesama warga dunia. Tujuan umum pengetahuan
tentang perspektif global adalah selain untuk menambah wawasan juga untuk
menghindarkan diri dari cara berpikir sempit, terkotak oleh batas-batas
subyektif, primordial (lokalitas) seperti perbedaan warna kulit, ras,
nasionalisme yang sempit, dsb.
Dengan demikian, pentingnya wawasan
perspektif global dalam pengelolaan pendidikan ialah sebagai langkah upaya
dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Hal ini dikarenakan seperti yang
telah dituliskan sebelumnya, dengan wawasan perspektif global kita dapat
menghindarkan diri dari cara berpikir sempit dan terkotak-kotak oleh batas
subyektif sehingga pemikiran kita lebih berkembang. Kita dapat melihat sistem
pendidikan di negara lain yang telah maju dan berkembang. Dapat
membandingkannya dengan pendidikan di negara kita, mana yang dapat diterapkan
dan mana yang sekerdar untuk diketahui saja. Kita bisa mencontoh sistem
pendidikan yang baik di negara lain selama hal itu tidak bertentangan dengan
jati diri bangsa Indonesia.
Komentar
Posting Komentar