Silabus Agama, Kekerasan dan Radikalisme


SILABUS
MATA KULIAH AGAMA, KEKERASAN DAN RADIKALISME
JENJANG/PRODI: S2/RS/REGULER
PROGRAM PASCA SARJANA UIN SGD BANDUNG
TA 2019/2020

Nama Mata Kuliah      : Agama, Kekerasan dan Radikalisme           
Program Studi             : Religious Studies (RS)/Reguler
Jenjang                        : Strata 2 (S-2)
Semester                      : III
Bobot SKS                  : 2                   
Jumlah Pertemuan       : 16 kali
Dosen                          : M. Taufiq Rahman, Ph.D.                           
Waktu                         : 2 x 30 (60 menit)

Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini bertujuan untuk menerapkan teori-teori Sosiologi Agama pada mahasiswa tentang isu-isu dalam gerakan keagamaan, terutama pada topik agama, kekerasan, dan radikalisme. Untuk itu, asal-usul kekerasan berdasarkan agama, ramifikasi radikalisme, dan masa depan ekstremisme agama dapat didiskusikan di kelas. Pembahasan mata kuliah ini selalu disertai dengan aplikasi pada tiga wilayah perkembangan ilmu, yaitu: di dunia Barat, dunia Islam, dan Indonesia. Demikian supaya ada keterkaitan apersepsi antara ilmu yang sudah dimiliki mahasiswa dan yang belum dikuasai mereka sekaligus sebagai bekal untuk penulisan tesis nanti bagi yang hendak mengambil tema tersebut.

Standard Kompetensi:
Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mendapatkan informasi tentang berbagai perkembangan tentang agama dan radikalisme di Barat, di dunia Islam, dan di Indonesia, sehingga mereka dapat menganalisis, mengkategorisasikan, dan mengevaluasinya. Mahasiswa pun diajak untuk mengikuti perkembangan dan memikirkan kembali ide-ide masa depan agama. Dengan demikian, penguasaan (mastery) dan kritisisme mahasiswa terhadap ide-ide dan gerakan ekstremis disertai dengan pemikiran akan solusinya adalah tujuan sekaligus standard kompetensi pembelajaran mata kuliah Agama, Kekerasan, dan Radikalisme ini.

Metode:
Ceramah dan diskusi

Evaluasi:
Quiz dan resitasi

Waktu:
60 menit

Media/Alat:
Papan tulis, spidol, hand out, LCD, power point

Pokok Bahasan:
1. Agama dan Masyarakat: Sekularisasi dan Kompleksitas Agama
2. Fundamentalisme, Radikalisme, Ekstremisme
3. Agama dan Kekerasan
4. Teori Gerakan Keagamaan
5. Ideologi, Rekrutmen dan Sektarianisme
6. Islamophobia dan Antisemistisme
7. Perempuan dalam Gerakan Ekstremis
8. Agama dan Politik
9. Terorisme Keagamaan

Rujukan:
Bartlett, Jamie, and Carl Miller. "The edge of violence: Towards telling the difference between violent and non-violent radicalization." Terrorism and Political Violence 24, no. 1 (2012): 1-21.
Bartlett, Jamie, Jonathan Birdwell, and Michael King. "The edge of violence: A radical approach to extremism." Demos(2010): 5-75.
Berman, Eli. Radical, religious, and violent: The new economics of terrorism. MIT press, 2011.
Esposito, John. "Islam and political violence." Religions 6, no. 3 (2015): 1067-1081.
Fealy, Greg. "Islamic radicalism in Indonesia: The faltering revival?." Southeast Asian Affairs 2004, no. 1 (2004): 104-121.
Muluk, Hamdi, Nathanael G. Sumaktoyo, and Dhyah Madya Ruth. "Jihad as justification: National survey evidence of belief in violent jihad as a mediating factor for sacred violence among M uslims in I ndonesia." Asian Journal of Social Psychology 16, no. 2 (2013): 101-111.
Tétreault, Mary Ann, and Robert Allen Denemark, eds. Gods, guns, and globalization: Religious radicalism and international political economy. Vol. 13. Lynne Rienner Publishers, 2004.
Van Bruinessen, Martin. "Genealogies of Islamic radicalism in post-Suharto Indonesia." South East Asia Research 10, no. 2 (2002): 117-154.

Bandung, 31 Agustus 2019


M. Taufiq Rahman, Ph.D.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prodi S2 Studi Agama-Agama (SAA) Gelar Workshop Kurikulum 2020